Jumat, 25 Oktober 2013

Cara Setting Menu Setelan Dasar di Blogger

 Cara Setting Menu Setelan Dasar di Blogger
         Setelah anda selesai membuat blog sendiri ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, yaitu melakukan setelan/setting pada menu setelan blogger.  Pada dasarnya Setelan / Pengaturan di interface Blog di Dasbor Blogger adalah standard default dari Blogger sendiri. Beberapa pengaturan default sebaiknya di ganti agar sesuai dengan kepentingan blog, Hal ini dilakukan agar blog yang telah kita buat sesuai dengan keinginan. Dalam menu setelan blogger yang nantinya akan kita lakukan penyesuaian, terlebih dahulu Anda harus mengetahui dan mengenal sub-sub menu didalamnya. Sehingga diharapkan agar dapat memberi pemahaman serta kemudahan ketika kita melakukan setelan. Ada beberapa komponen sub menu setelan blogger diantaranya yaitu mulai dari Setelan, baik itu menu Dasar, postingan, settingan Pos dan komentar, Seluler dan Email, bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran,  arsip, ID, dan lain-lain.
Masing-masing pengaturan menu tersebut akan dibahas secara terperinci, Berikut adalah penjelasan mengenai cara setting menu setelan dasar blogger yang harus anda perhatikan. 

Untuk melakukan setting menu dasar blog, berikut adalah langkah-langkahnya : 
1. Anda harus login ke blog dengan ID anda.
2. Klik menu Setelan yang berada disebelah kiri monitor Anda, (seperti gambar dibawah ini).

menu setelan blogger
 3. Klik sub menu Dasar untuk melakukan pengaturan.

menu dasar blogger
Dasar

Judul
Untuk mengatur judul blog, isi dengan nama / judul Blog Anda. Klik Edit untuk melakukan perubahan Judul sesuai dengan yang anda inginkan. Contoh Judul blog : Cara Setting Menu Setelan Dasar di Blogger Anda


Deskripsi
Untuk mengatur Deskripsi blog, klik Edit untuk melakukan perubahan, Sebaiknya ini diisi jangan dikosongkan. Buatlah sebuah deskripsi yang menarik yang mengandung kata-kata yang kita inginkan sehingga kata-kata tersebut dinilai bagus pada search engine, lanjutkan dengan klik tombol “Simpan perubahan”.
Contoh Deskripsi blog : Cara Setting Menu Setelan Dasar di Blogger Anda, serta informasi seputar teknologi terkini yang bisa anda akses secara gratis.



Privasi
Untuk mengatur privasi, klik Edit untuk melakukan perubahan. Bila blog anda adalah sebuah blog biasa dan di perbolehkan untuk umum, maka atur agar bisa tercantum, namun apabila blog anda ingin di jadikan blog private (tertutup bagi umum),  maka atur agar tidak tercantum. Seperti contoh gambar dibawah ini :

privasi blogger


Alamat Blog
Untuk mengatur alamat blog, bila anda ingin mengubah alamat blog dengan domain milik anda sendiri, namun jika tidak biarkan apa adanya. Seperti contoh gambar dibawah ini :



Penulis Blog
Untuk mengatur penulis blog, biarkan saja sesuai pengaturan awal default blogspot, namun jika ingin menambahkan penulis, klik tambahkan penulis, lalu tulis alamat email penulis  lain yang ingin anda undang.

Pembaca Blog
Untuk mengatur siapa saja yang dapat membaca blog anda. Untuk melakukan perubahan, klikEdit. Disini ada 3 pilihan yaitu Siapa PunHanya Penulis blog dan hanya para pembaca berikut, masing-masing telah terdapat keterangan lengkap. Biarkan saja apa adanya jika blog anda ingin di bisa di baca oleh umum.

pembaca blog


Post dan Komentar

* Tampilkan sebanyak mungkin : ubah angkanya sesuai dengan jumlah posting yang ingin tampil di halaman depan blog anda, Sebaiknya jangan terlalu banyak agar Home Page Blog tidak berat di load pengunjung.
* Template Entri : membuat pra-format editor pos dengan teks atau kode yang akan tampil setiap kali Anda membuat pos baru, biarkan tidak perlu di edit.
* Tampilkan gambar dengan Lightbox : Boleh pilih “Ya” atau “Tidak”. Saat diklik, gambar akan terbuka dalam hamparan di bagian atas blog. Jika pos Anda berisi beberapa gambar, gambar tersebut Anda akan muncul sebagai thumbnail di sepanjang bagian bawah.
* Bagikan ke Google+ : Pilih “Ya” jika nanti setelah posting ingin bisa langsung dibagikan ke layanan Google+, pilih “Tidak” jika sebaliknya.
* Lokasi Komentar : Biarkan terpilih “Tersemat”, agar kotak komentar langsung berada di bawah setiap postingan.
* Siapa yang dapat mengomentari? : Silahkan pilih sesuai keinginan. Pilihan “Semua Orang”, berati semua pengunjung blog anda bisa  memberikan komentar.
* Moderasi Komentar : Pilih “Selalu” bila setiap ada komentar harus melalui persetujuan anda sebelum tampil di blog. Pilih “Tidak Pernah” agar apabila ada pengunjung yang memberi komentar, komentarnya akan langsung tampil di blog tanpa perlu di verifikasi. Sebaiknya pilih “Selalu” agar anda bisa memilih komentar yang ingin ditampilkan. 
* Tampilkan Verifikasi Kata : Pilih "YA" jika ingin menampilkan kode chaptca sebelum komentator mengirim komentarnya dan sebaliknya.
* Tampilkan Tautan Balik : Pilih “Sembunyikan” bila anda tidak ingin menampilkan link siapa saja yang membuat tautan (link) ke postingan bersangkutan. Pilih “Tampilkan” bila anda ingin menampilkan tautan.
* Pesan Formulir Komentar : Silahkan di isi jika ingin memakai pesan diatas kotak komentar nantinya, contoh : Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan juga tidak ada masalah.
  
Seluler dan Email 
* Mempublikasikan entri menggunakan SMS/MMS : Menu ini berguna apabila nantinya ingin mempublikasikan artikel melalui ponsel, penjelasan lebih lanjut, klik tulisan "Pelajari lebih lanjut tentang perangkat seluler".
*  Mempublikasikan entri menggunakan email : Fasilitas ini memungkin anda untuk mengirimkan postingan melalui email. Sebaiknya pilih "Nonaktifkan".
*  Email Pemberitahuan Komentar : isi dengan alamat email yang di inginkan, bila setiap ada komentar pada artikel blog anda akan di beritahukan secara otomatis ke alamat email tersebut. Sebaiknya biarkan apa adanya ( default ) apabila anda telah memilih "Selalu" pada sub menu "Moderasi Komentar".
*  Email Entri ke : Fasilitas ini akan mengirim artikel ke email yang ditentukan setiap ada artikel baru yang diterbitkan. Klik "Tambah" lalu masukkan alamat email yang ingin dikirimi artikel pada kotak.

Bahasa dan pemformatan  
* Bahasa : Pilih “Indonesia” untuk tampilan blog dalam bahasa indonesia, agar lebih familiar dengan anda. 
* Aktifkan transliterasi : Pilih “Dinonaktifkan”
* Zona Waktu : Pilih zona waktu sesuai dengan keinginan. Untuk wilayah Indonesia Barat, anda bisa memilih zona (GMT +7:00) Jakarta.
* Format Header Tanggal : Pilih format tampilan tanggal sesuai keinginan.
* Format Timestamp : Pilih sesuai keinginan.
* Format Stempel Waktu Komentar : Pilih sesuai keinginan.

Preferensi Penelusuran
  • Deskripsi : Masukkan deskripsi penelusuran tentang artikel yang ada di blog anda, misalnya : "Blog tutorial membuat Blogspot,tutorial belajar SEO tips dan triks Blogspot tips dan triks Seo ".
  • Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan : Biarkan saja
  • Pengalihan Khusus : Biarkan saja 
  • Perayap dan pengindeksan : Nonaktifkan ( Default )
Lainnya

* Alat Blog : 
  • Impor blog, jika ingin memasukkan kembali artikel yang sudah di eksport sebelumnya. Dengan ini anda bisa memindahkan file dari blog lain.
  • Ekspor Blog, jika anda bermaksud memindahkan isi blog ke blog yang lain. Fasilitas Ekspor blog berguna juga untuk sarana backup data, silahkan lakukan backup data secara rutin agar apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, anda masih punya data untuk di masukan ke blog baru. 
  • Hapus blog, jangan pernah klik ini apabila blog anda tidak ingin terhapus.
* Bolehkan Umpan Blog : Silahkan pilih sesuai keinginan, terkadang ada baiknya anda memilih mode “Penuh” namun terkadang perlu juga untuk di setting ke pilihan lain.
* Posting URL Pengubahan Arah Feed : Untuk tahap awal, ini bisa di kosongkan dulu, kedepannya anda akan mengerti tentang pengalihan alamat feed ini. Atau Klik tambah lalu masukkan url feed yang anda dapat dari feedburner.
* Footer Feed Posting : Boleh di isi boleh di kosongkan,  Ini akan ditampilkan setelah setiap entri dalam umpan entri. Jika Anda menggunakan iklan atau tambahan umpan pihak ketiga, masukkan kode itu di sini. Anda juga harus menyetel Bolehkan Umpan Blog kePenuh(di atas). Sebaiknya Pilih di kosongkan saja.
* Aktifkan Tautan Lampiran : Boleh di pilih “Ya” boleh “Tidak”.
* URL OpenID Anda : Biarkan apa adanya.
* Konten Dewasa? : pilih tidak bila isi blog anda bukan berisi konten khusus dewasa.
* ID Properti Web Analytics : ini diisi dengan ID google analytic Google Analytics, untuk melihat bagaimana interaksi pengunjung dengan situs Anda. Tambahkan ID Properti Web Google Analytics Anda untuk mulai melacak blog Anda, bila belum punya bisa di kosongkan saja.

Setelah selesai melakukan setelan menu blogger, kini Anda dapat melakukan eksplorasi pada blog kesayangan yang baru Anda buat. Silahkan lakukan setelan sesuai keinginan dan kebutuhan anda.
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Setting Menu Setelan Dasar di Blogger Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

1 komentar:

Silahkan jika anda yang ingin komentar dan memberikan Saran, namun tolong gunakan bahasa yang baik dan sopan.