Sabtu, 26 Oktober 2013

Cara Unik Membuat Artikel Yang Baik dan Menarik di Blog

        Cara membuat artikel yang baik dan menarik tentunya merupakan hal penting yang harus diketahui oleh setiap penulis atau pun seorang blogger, baik itu artikel yang bersifat formal ataupun artikel untuk keperluan khusus. Setiap orang yang hendak membuat sebuah artikel, maka harus memperhatikan banyak hal yang berhubungan dengan tulisannya, mulai dari teknik penulisan, ketelitian, kekreatifan, ide dan yang lainnya. Melalui tulisan seorang blogger menyampaikan pendapat, ide, gagasan juga pengalaman pribadi kepada orang lain, dengan tujuan dapat memberi manfaat untuk orang yang membacanya.

Sehingga seorang blogger harus mengetahui bagaimana cara membuat dan menulis artikel yang bagus. Karena, sebagus apa sebuah blog, hanya akan menjadi tulisan biasa apabila isi artikel di dalamnya tidak menarik dan berkualitas. (Apakah Anda setuju?). Sebagai blogger, tentunya kita ingin dapat membuat artikel yang bagus dan berkualitas, yang dishare secara sukarela oleh pembaca serta memberi manfaat nyata untuk orang lain yang membacanya.

Mengapa beberapa penulis blogger sangat berhasil dengan artikel-artikelnya? Sedangkan beberapa yang lain hanya mendapatkan 'keringat' dan tidak menghasilkan apa-apa? Apakah artikel yang Anda tulis dapat memberikan manfaat serta jalan keluar dari satu masalah atau hanya sekedar 'ditulis dengan baik saja'?
Untuk teman-teman yang ingin menjadi penulis artikel yang baik, maka teman-teman dapat mengetahui beberapa tips menarik tentang menulis artikel yang baik dari kami berikut ini:

 Point-point penting dalam Membuat Artikel

* Tentukan dulu Ide topik yang ingin Anda tulis

Untuk membuat artikel yang baik dan pastinya menarik, maka ketahuilah ide topik yang ingin anda tulis, seperti topik yang sedang hangat dan hits saat ini. Dengan pemilihan topik yang sedang hangat, maka tentu saja setiap pembaca akan mudah tertarik untuk membaca artikel yang kita buat. Jadi, topik menjadi hal penting yang harus kita perhatikan diawal dalam membuat artikel yang baik.

* Buat Judul atau Headline artikel yang kreatif dan menarik.

Judul atau headline artikel yang menarik akan memungkinkan pembacanya merasa penasaran dengan  keseluruhan isi dari artikel tersebut. Jangan hanya terpaku pada keyword saja, keyword memang penting tapi justru hal itu  akan mengurangi nilai dari artikel tersebut. Kombinasikan juga judul yang anda tulis dengan kata kunci yang populer di Google.  Dengan melakukan hal ini, selain artikel menjadi lebih berkualitas, anda pun akan lebih mudah dalam mendapatkan pembaca. Usahakan juga buat se-provokatif mungkin sehingga lebih meninggalkan kesan penasaran ke pembacanya. Dampak jangka panjangnya, artikel anda bisa menjadi lebih terkenal.  

* Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dicerna semua orang. 
 
Salah satu ciri artikel yang baik adalah penggunaan bahasa yang mudah dipahami.  Jangan membuat artikel dengan bahasa yang berbelit-belit, dengan berbagai istilah ilmiah dan asing yang membuat pembaca anda merasa bingung.  Usahakan agar setiap artikel yang kita tulis dalam blog dapat dibaca dan mudah dimengerti oleh orang lain dan tentunya dengan gaya bahasa yang sederhana. Bahasa yang mudah dipahami akan membuat pembaca merasa betah menikmati artikel anda.  Gunakanlah kalimat-kalimat pendek dengan makna sejelas mungkin. Karena itu diperlukan latihan yang berulang-ulang dalam membuat artikel yang baik dan akhirnya itu akan mengasah kemampuan menulis kita menjadi lebih baik.

* Penulisan kata dan tanda ejaan yang benar 
Belajarlah untuk menulis artikel dengan ejaan yang baik dan benar (saya sendiri masih belajar). Terutama dalam menuliskan nama, cek ulang apakah anda sudah menuliskannya dengan benar.  Pastikan juga anda menggunakan tanda baca yang benar, seperti penggunaan titik, koma, tanda petik, tanda seru, dan lain sebagainya. Menulis ejaan yang tidak standar, tidak akan banyak membantu, kecuali jika audiens Anda adalah mereka yang sangat spesifik (komunitas gaul muda-mudi misalnya). Artikel yang ditulis dengan banyak kesalahan ejaan akan terkesan sangat tidak profesional dan membuat pengunjung tidak betah membacanya.
Pastikan untuk mengecek ulang setiap artikel yang sudah selesai anda tulis.  Baca lagi dari awal sampai akhir, periksa apakah ada kesalahan dalam ejaan maupun penulisan.
Saya sendiri setiap kali selesai menulis selalu menyempatkan untuk membaca sekali lagi dari awal sampai akhir untuk mengecek masalah tata bahasa dan ejaan ini.
* Buatlah tulisan serapih mungkin
Teman-teman bisa menggunakan paragraf Justify (rata kanan-kiri), point list, bold  dan pedukung lainnya agar artikel yang ditampilkan menjadi rapih, Jika perlu pergunakan juga penulisan dengan format Bolt ( huruf tebal ), italic ( huruf miring ) ataupun Underline ( garis bawah ) pada kalimat atau kata-kata yang di anggap penting. Lalu buatlah tulisan yang rapih dengan membuat artikel yang memperhatikan kaidah penulisan bahasa yang tepat. Jangan lupa juga beri jarak antar paragraph sehingga tulisan artikel tidak tampak berdesakan. Gunakan tanda baca yang tepat, serta perhatikan penggunaan huruf besar dan kecil yang tepat agar pembaca betah berlama-lama dengan artikel kita. 
* Tulislah artikel yang isinya dapat  membuat penasaran dan terkesan.
Cobalah untuk membuat artikel dengan menggunakan imajinasi anda. Tulis artikel yang walaupun topiknya sudah banyak dibahas, namun masih segar dan fresh. Cobalah untuk mencari celah-celah suatu tema yang kira-kira belum banyak ditulis oleh orang lain. Kreativitas memiliki peran yang sangat penting dalam menulis artikel yang baik.  Hal ini membuat tulisan anda terasa berbeda ketika dibaca, dan tentu saja para pembaca akan penasaran dan ingin melihat lebih banyak lagi karya-karya sang penulis. Kalimat awal yang mampu membuat pembaca merasa penasaran merupakan artikel yang menarik. Apabila di butuhkan gunakan gambar untuk mendeskripsikan  sehingga pembaca lebih mudah untuk mencernanya, karena hal itu dapat membuat pembaca akan lebih tertarik lagi untuk membaca artikel kita lebih lanjut bahkan hingga akhir artikel.
* Bermanfaat dan faktual bagi orang lain
Banyak Orang menganggap bahwa artikel yang bermanaafat itu adalah artikel yang selalu mengandung banyak tips, trik, maupun berbagai tutorial. Sebenarnya artikel yang bermanafaat bagi orang lain tidak harus mengandung berbagai tips, trik dan tutorial saja, artikel yang bisa memberikan informasi yang valid dan faktual kepada para pembaca pun termasuk kedalam artikel yang bermanfaat, terlebih lagi apabila para pembaca terhibur ketika membaca tulisan atau artikel tersebut. Artikel yang bermanfaat tidak hanya membuat para pembaca menyukai anda.  Akan banyak pula nantinya penulis-penulis lain yang menggunakan artikel tersebut sebagai bahan referensi tulisan mereka.  Pada akhirnya, artikel yang anda buat akan menjadi sangat populer.
* Tulisan artikel tidak asal copy paste usahakan hasil dari kreatifitas dan idea karya sendiri
23688480
Salah satu ciri artikel yang baik adalah artikel yang asli dari hasil pemikiran kita sebagai seorang penulis. Hasil copy paste biasanya mengurangi nilai kredibilitas blog kita di mata pembaca. Kesannya mungkin seperti ini “ kalau cuman copy paste saya pun juga bisa posting seperti itu “.  Kalau mau mengcopy usahakan jangan keseluruhan, tapi carilah point-point yang kalian anggap penting saja kemudian tulislah dengan gaya bahasa kalian sendiri. Sebenarnya sah-sah saja kita sebagai seorang penulis mengambil referensi dari karya-karya orang lain, tetapi ingat etika dalam mengambil referensi juga harus kita perhatikan, jangan asal meng copy paste karya orang lain mentah-mentah (sama persis) lalu memposting artikel itu di blog kita tanpa memberikan sumber refernsi yang jelas, karena hal ini dapat berdampak buruk pada website/blog kita terelebih lagi untuk search engine terutama Google karena artikel kita nanti akan dianggap duplicate content oleh Google, selain itu skill kita dalam membuat arikel pun tidak akan berkembang.

* Berikan statement penutup
Artikel yang menarik adalah artikel-artikel yang juga dilengkapi dengan menggunakan penutup, penutup sebagai pelengkap sehingga para pembaca diharapkan dapat merasa puas setelah membaca artikel itu sendiri.

Beberapa cara membuat artikel yang baik dan menarik diatas mungkin dapat menjadi refernsi teman-teman semua ketika menulis artikel, sehingga dapat menciptakan artikel- artikel yang menarik, banyak diminati dan tentunya bermanfaat untuk setiap pembacanya.


Salam

Arif Jupy 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar dan memberikan Saran, namun tolong gunakan bahasa yang baik dan sopan.